Tuesday, November 5, 2019

Tutorial #5 : Membuat sketsa yang akurat


Pertanyaannya, apakah ada metode selain gridding untuk memperoleh sketsa yang mirip dengan aslinya? Jawabannya ada.


Salah seorang pelukis pensil di deviantArt yang bernama Nicolien Beerens membuat sebuah tutorial tentang membuat sketsa yang mirip ini (dia menyebutnya dengan “proporsional”), yang dapat anda lihat pada gambar di bawah ini. Klik gambar untuk melihat gambar dalam ukuran penuh.
proportions-by-cataclysm-x

Gambar di atas saya ambil dari sini.
Bagi yang tertarik melihat karya-karyanya yang lain silahkan ke sini :

Nah, menurut Nicolien, ada 5 cara untuk membuat sketsa dengan akurat, yaitu : griddinglineshapemirroring, dan free hand.
Metode grid, seperti yang telah saya jelaskan, adalah membuat kotak-kotak pada foto referensi dan kertas gambar. Sementara metode garis (line) adalah membuat garis bantu pada referensi untuk mengetahui jarak atau ukuran objek pada foto referensi secara akurat sehingga dapat digambarkan secara tepat di atas kertas.
Mirip dengan metode garis, metode bentuk (shape) menggunakan bentuk geometri sederhana seperti kotak atau segitiga pada foto referensi. Sedangkan mirroring, biasanya digunakan untuk mengetahui kesalahan proporsi pada gambar yang sudah jadi.
Dalam melukis, saya tidak suka menggunakan metode grid karena merepotkan. Saya lebih suka menggunakan garis bantu. Misalnya pada lukisan Aoi. Saya buat garis bantu pada foto referensi untuk mengetahui jarak atau ukuran antara objek di wajah Aoi seperti gambar di bawah ini.
line-example1

Ups, kalo lagi malas, saya bahkan tidak membuat garis tersebut secara nyata. Saya hanya menggunakan penggaris untuk mengukur jarak antara objek yang akan digambar. Setelah tahu ukuran-ukuran objeknya, saya gambar di atas kertas sesuai dengan ukuran sebenarnya.
line-example2

Dengan demikian sketsa yang dibuat akan akurat. Yang penting harus teliti. Sekian tutorial yang singkat ini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment