Wednesday, April 22, 2020

Pengunaan Scene Pada Projek Animasi 2D


Pengertian Scene pada aplikasi animasi 2D
Dalam dunia animasi istilah scene diadopsi sebagai wadah atau tempat mengumpulkan adegan gambar panel dan frame yang senada. Misalkan, saat membuat cerita animasi berdurasi panjang, maka sangat dibutuhkan pembagian dalam beberapa scene.. Walaupun penggunaan Scenes memiliki beberapa  kerugian, ada bebera situasi yang memang harus melewati kerugian ini, seperti ketika kita memproduksi animasi yang cukup panjang


Gambar . Contoh Storyboard dengan beberapa Scene di dalamnya

Contoh Storyboard dengan beberapa Scene di dalamnya Dari contoh gambar diatas tersebut, scene bisa bisa dibuat dalam satu panel, tapi juga tidak menutup kemungkinan terdiri dari dari beberapa panel. Seperti contoh di gambar dibawah ini



Istilah Scene pada Aplikasi Flash
Bila Animasi adalah filmnya, maka scene adalah episodenya, dengan scene kita bisa mengatur susunan adegan dalam animasi. Dengan demikian akan lebih terorganisir terutama bila melibatkan berbagai menu dan lompatan isi. Scene hanya ada untuk memudahkan anda dalam mengorganisir, tidak berbeda dengan yang lainnya, kita bisa cut, paste, dan lain-lain. Tip: Biasakan menggunakan scene untuk setiap perbedaan isi pada animasi anda, misalkan untuk pembukaan, isi, dan penutup. Tip: Scene dapat diduplikasi sehingga bila anda menginginkan beberapa peristiwa yang sama urutannya, namun berbeda beberapa propertinya…buat dahulu base-nya kemudian duplicate, dan terapkan perubahan yang anda inginkan.

Timeline
Jendela panel yang digunakan untuk mengelompokkan dan mengatur isi atau gerak sebuah movie atau simbol, panel time line ini berisi:


1. scene
merupakan tempat berbagai kejadiandi dalam stage di dalamnya meliputi layer dan frame
2. layer
merupakan tempat dimana kita menampung objek dalam satu scene
3. frame
merupakan tempat kita mengatur animasi bagian perbagian yang di kelompokan dalam sebuah layer
4. Stage
adalah area putih dimana kita bekerja dengan objek di dalam flash


Gambar  Contoh Storyboard dengan beberapa Scene di dalamnya
Scene ini bisa diartikan semacam membuat flash document baru namun dengan settingan flash document pertama yang anda buat. Scene ini cocok digunakan bagi anda yang membuat presentasi, pembelajaran interaktif, game yang membutuhkan pembagian beberapa menu seperti opening, main menu, ending. Sebenarnya hanya dengan menggunakan 1 buah scene bisa dilakukan tetapi nanti framenya akan terlihat panjang sekali. Oleh karena itu apabila anda menggunakan beberapa menu sebaiknya gunakan scene tambahan. Karateristik dan cara kerja scene adalah sebagai berikut, ketika frame pada timeline scene pertama habis untuk dimainkan maka secara otomatis akan langsung berpindah ke frame pada timeline scene kedua. Apabila frame pada timeline scene kedua habis untuk dimainkan maka otomatis akan memainkan frame pada timelinescene ketiga dan begitu seterusnya. Untuk mengatasinya anda perlu menggunakan actionscript, misalnya stop().

No comments:

Post a Comment