PENDAHULUAN
Teknik pembuatan Text 3D sebenarnya sangat mudah di pelajari.
Yang perlu di perhatikan di pembelajaran ini ialah pada saat finishing
biasanya gambar objek yang kita buat terkadang tidak sesuai dengan apayang kita inginkan
misalnya rotasinya kurang zoomnya dsb.
Maka dari itu perlu usaha extra.
Materi
Tool : Select & Move, Quick Render
Tool : Min/Max Toggle, Orbit Rotasi, Zoom Extents All
Objeck : Text, Parameter, Plane, mr Omni Area
Modifier : Extruded
SHAPING 2 DIMENSI
Bersihkan tampilan 3Dmax – klik File – Reset
Membuat Text dengan Shapes Tool sebelumnya aktifkan dulu Viewport Front.
dengan cara mengkliknya karna kita akan membuat objeck Text di sana.
Supaya text yang kita buat tampak berdiri di Viewport Perspective.
Create – Shapes – Text. – kemudian klik di Viewport Front
Text berhasil dibuat tinggal ubah nama Max text tersebut sesuai dengan keinginan anda
misalkan “ Ifan Art “ Size : 45.604 Font : Arial ( size/font bisa anda ubah sesuai selera )
MODIFIER 3 DIMENSI
Kini Saatnya membuat Text yang Berupa Line Menjadi mempunyai ketebalan / 3 Dimensi.
Ikuti langkah – langkah berikut.
klik objek Text - klik Modify – klik Scroll bar Modifier List – cari & pilih Extruded kemudian klik.
Lihat parameter Extruded dan ubah ukurannya Amount : 7.5
( Semakin tinggi nilai Amount Semakin Bertambah Ketebalannya )
silahkan anda bereksperimen dan tentukan nilai Amount sesuai kehendak anda.
Kurang lebih gambar yang di hasilkan seperti ini.
Geser objek text kira-kira berada di tengah menggunakan Select & Move
klik kanan objek text pilih move atau klik tool yang berada diatas yang gambar empat tanda panah.
Move Tool mempunyai tiga sumbu yaitu : X,Y,Z Pilih salah satu sumbu klik tahan dan geser.
Silah atur posisi text sesuai keinginan anda dan ubah color text sesuai selera
OBJEK PLANE DAN PENCAHAYAAN
Selanjutnya kita buat penampang seperti lantai supaya terkesan eksotis,
menggunakan Tool Geometry – Plane.
Ikuti langkah berikut.
Create – Geometry – Plane – Drag Plane Di Viewport Perspective
Atur parameternya sesuai selera dan jangan lupa ubah warna/color Plane sesuai selera anda.
Kira – kira gambarnya seperti ini.
Pencahayaan Dengan Light Tool.
Banyak sekali tool cahaya pada 3Dmax tapi kali ini kita akan menggunakan tool Mr Area Omni
karena lebih simple dan pencahayaan ini juga sering digunakan untuk area kecil.Ikuti langkah – langkah
berikut.
Sebaiknya aktifkan Viewport Top karna akan lebih mudah kita untuk Select & Move
pada Mr Area Omni
Create – Lights – klik scroll bar dan pilih standard.
klik di Viewport Top. Perhatikan gambar di bawah ini.
Setelah selesai atur posisi Mr Area Omni di Viewport Prespective.
Dengan Select Move klik kanan Mr Area Omni Pilih Move.
Tarik sumbu Z ke atas agar text lebih terang.
Untuk Melihat hasil Mr Area Omni ketika di render tekan F9 (Quick Render ).
Kllo belum pas anda bisa geser lagi sumbu X,Y,Z sesuai keinginan anda.
terus tekan F9 ulangi lagi bila titik Mr Area Omni belum sesuai dengan keinginan anda.
Selanjutnya anda juga bisa merotasi / memutar Viewport Perspective
supaya terlihat sisi yang ideal untuk text 3 Dimensi.
Caranya klik tool Orbit Yang ada pada pojok kanan bawah.
Dan jangan lupa max/min vieport dengan max/minToggel yang berada di sebelah kanan Tool Orbit.
silahkan bereksperimen sendiri.
Putar ke 4 sisi Orbit maka viewport akan berputar.
RENDERING
Proses terakhir adalah merender hasil karya anda yang nantinya akan keluar file berupa JPEG.
Langkah- langkahnya sebagai berikut :
Klik tool Rendering yang berada kira – kira di kanan atas atau tekan tombol F10 pada keyboard
kemudian muncul menu dropdown pilih Render setup…(F10).
Muncul Tab render pilih Common – klik single – klik ukuran 640x480.
Geser ke bawah – ada menu render output klik tombol Files…
akan muncul jendela penyimpanan pilih tempat file yang dibuat akan disimpan
berinama pada File name – ubah file tipe menjadi JPEG.
klik Save – muncul dialog setup klik OK – selanjutnya klik tombol Render.
Tunggu beberapasaat file yang anda buat di Render kalau sudah selesai klose semua jendela Render.
Klik Save untuk menyimpan File 3D max klik lose kalo tidak. Cari dan Lihat file hasil objek yang telah anda render.
Hasil Akhir Render Punya Saya.
Selamat Mencoba………!! dan semoga berhasil sesuai dengan keinginan anda!
Thank's.
Created by : Irfan Satriawan
Software : 3Dmax Studio 2010
ifan.art.design@gmail.com
irfansatriawan@gmail.com
Teknik pembuatan Text 3D sebenarnya sangat mudah di pelajari.
Yang perlu di perhatikan di pembelajaran ini ialah pada saat finishing
biasanya gambar objek yang kita buat terkadang tidak sesuai dengan apayang kita inginkan
misalnya rotasinya kurang zoomnya dsb.
Maka dari itu perlu usaha extra.
Materi
Tool : Select & Move, Quick Render
Tool : Min/Max Toggle, Orbit Rotasi, Zoom Extents All
Objeck : Text, Parameter, Plane, mr Omni Area
Modifier : Extruded
SHAPING 2 DIMENSI
Bersihkan tampilan 3Dmax – klik File – Reset
Membuat Text dengan Shapes Tool sebelumnya aktifkan dulu Viewport Front.
dengan cara mengkliknya karna kita akan membuat objeck Text di sana.
Supaya text yang kita buat tampak berdiri di Viewport Perspective.
Create – Shapes – Text. – kemudian klik di Viewport Front
Text berhasil dibuat tinggal ubah nama Max text tersebut sesuai dengan keinginan anda
misalkan “ Ifan Art “ Size : 45.604 Font : Arial ( size/font bisa anda ubah sesuai selera )
MODIFIER 3 DIMENSI
Kini Saatnya membuat Text yang Berupa Line Menjadi mempunyai ketebalan / 3 Dimensi.
Ikuti langkah – langkah berikut.
klik objek Text - klik Modify – klik Scroll bar Modifier List – cari & pilih Extruded kemudian klik.
Lihat parameter Extruded dan ubah ukurannya Amount : 7.5
( Semakin tinggi nilai Amount Semakin Bertambah Ketebalannya )
silahkan anda bereksperimen dan tentukan nilai Amount sesuai kehendak anda.
Kurang lebih gambar yang di hasilkan seperti ini.
Geser objek text kira-kira berada di tengah menggunakan Select & Move
klik kanan objek text pilih move atau klik tool yang berada diatas yang gambar empat tanda panah.
Move Tool mempunyai tiga sumbu yaitu : X,Y,Z Pilih salah satu sumbu klik tahan dan geser.
Silah atur posisi text sesuai keinginan anda dan ubah color text sesuai selera
OBJEK PLANE DAN PENCAHAYAAN
Selanjutnya kita buat penampang seperti lantai supaya terkesan eksotis,
menggunakan Tool Geometry – Plane.
Ikuti langkah berikut.
Create – Geometry – Plane – Drag Plane Di Viewport Perspective
Atur parameternya sesuai selera dan jangan lupa ubah warna/color Plane sesuai selera anda.
Kira – kira gambarnya seperti ini.
Pencahayaan Dengan Light Tool.
Banyak sekali tool cahaya pada 3Dmax tapi kali ini kita akan menggunakan tool Mr Area Omni
karena lebih simple dan pencahayaan ini juga sering digunakan untuk area kecil.Ikuti langkah – langkah
berikut.
Sebaiknya aktifkan Viewport Top karna akan lebih mudah kita untuk Select & Move
pada Mr Area Omni
Create – Lights – klik scroll bar dan pilih standard.
klik di Viewport Top. Perhatikan gambar di bawah ini.
Setelah selesai atur posisi Mr Area Omni di Viewport Prespective.
Dengan Select Move klik kanan Mr Area Omni Pilih Move.
Tarik sumbu Z ke atas agar text lebih terang.
Untuk Melihat hasil Mr Area Omni ketika di render tekan F9 (Quick Render ).
Kllo belum pas anda bisa geser lagi sumbu X,Y,Z sesuai keinginan anda.
terus tekan F9 ulangi lagi bila titik Mr Area Omni belum sesuai dengan keinginan anda.
Selanjutnya anda juga bisa merotasi / memutar Viewport Perspective
supaya terlihat sisi yang ideal untuk text 3 Dimensi.
Caranya klik tool Orbit Yang ada pada pojok kanan bawah.
Dan jangan lupa max/min vieport dengan max/minToggel yang berada di sebelah kanan Tool Orbit.
silahkan bereksperimen sendiri.
Putar ke 4 sisi Orbit maka viewport akan berputar.
RENDERING
Proses terakhir adalah merender hasil karya anda yang nantinya akan keluar file berupa JPEG.
Langkah- langkahnya sebagai berikut :
Klik tool Rendering yang berada kira – kira di kanan atas atau tekan tombol F10 pada keyboard
kemudian muncul menu dropdown pilih Render setup…(F10).
Muncul Tab render pilih Common – klik single – klik ukuran 640x480.
Geser ke bawah – ada menu render output klik tombol Files…
akan muncul jendela penyimpanan pilih tempat file yang dibuat akan disimpan
berinama pada File name – ubah file tipe menjadi JPEG.
klik Save – muncul dialog setup klik OK – selanjutnya klik tombol Render.
Tunggu beberapasaat file yang anda buat di Render kalau sudah selesai klose semua jendela Render.
Klik Save untuk menyimpan File 3D max klik lose kalo tidak. Cari dan Lihat file hasil objek yang telah anda render.
Hasil Akhir Render Punya Saya.
Selamat Mencoba………!! dan semoga berhasil sesuai dengan keinginan anda!
Thank's.
Created by : Irfan Satriawan
Software : 3Dmax Studio 2010
ifan.art.design@gmail.com
irfansatriawan@gmail.com